Tuesday, May 17, 2016

Sentra - Sentra Industri di Jepara

17 Mei 2016,

Ada yang menarik dari Kabupaten Jepara apabila dilihat dari peta industri. Di Jepara sendiri ada banyak kerajinan yang menunjukkan karakteristik wilayahnya. Seperti industri ukir, monel, kain tenun, gerabah, konveksi, dan industri mainan anak.
Oleh karena itu pemerintah menetapkan daerah-daerah sebagai sentra industri. Sentra industri ukir di desa Tahunan, sentra industri monel di desa Krian, sentra industri kain tenun di desa Troso, sentra industri gerabah di desa Mayong, sentra industri konveksi di desa Sendang, dan sentra industri mainan anak di desa Teluk Sidi.
Dengan ditetapkannya wilayah-wilayah sentra industri tersebut, dapat menarik minat pengunjung ataupun pembeli dari dalam maupun luar derah. Karena para pengunjung tidak kebingungan untuk menentukan tujuan sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhannya. Dengan adanya pembagian wilayah yang jelas juga mempermudah pemerintah dalan menentukan kebijakan dalam bidang ekonomi. Sebagian besar masyarakat di Jepara bekerja sebagai karyawan di industri-industri tersebut. Baik di industri kecil rumahan maupun industri besar.

2 comments: