Tuesday, May 17, 2016

Perang Harga dalam Jual Beli Mebel Online


Dijaman yang serba canggih sekarang ini, kita sangat dimudahkan dalam bebisnis online. Baik itu melalui web, blog, ataupun media sosial yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk memasarkan produknya atau ada juga yang menjadi reseller. Mulai dari barang-barang hasil kerajinan sampai barang-barang hasil produksi pabrik. Mulai dari eceran sampai grosiran. Mulai dari barang-barang dengan harga sangat murah sampai barang-barang dengan harga yang sangat mahal.
Begitupun dalam bisnis mebel, yang mulai banyak memanfaatkan media sosial untuk memasarkan hasil produksi mebel. Di Jepara, yang merupakan daerah penghasil mebel ukir terbesar di Indonesia mulai banyak yang menggunakan media sosial seperti faceebook, twitter, instagram, line, whatsapp, dan masih banyak lagi. Dari semua kalangan pengusaha mebel, dari pengusaha mebel skala kecil rumahan, reseller mebel, sampai perusahaan mebel skala besar juga memanfaatkan media sosial dalam memasarkan barang kepada konsumen.
Meskipun banyak manfaat dan kemudahan yang didapat para pebisnis mebel, ada juga dampak negatif dari bisnis mebel online. Banyaknya pebisnis mebel online yang mengunggah foto disertai keterangan harga barang, dapat menimbulkan persaingan harga dari para pebisnis mebel yang lain. Dengan adanya persaingan harga, dapat menurunkan harga barang yang menimbulkan kerugian dari pebisnis mebel. Hal tersebut berujung pada kerugian yang dialami oleh para pengrajin mebel, karena harga barang hasil produksinya semakin turun sedangkan biaya produksinya tetap.
Kerugian yang dialami pengrajin mebel mungkin tidak dirasakan oleh reseller mebel, karena para reseller hanya akan menjual barang apabila ada keuntungan yang didapat. Akan tetapi hal tersebut juga bisa berdampak pada sulitnya mencari pengrajin mebel yang mau menjual barang produksinya dengan harga murah dan kualitas yang bagus. Dengan harga yang murah, sulit bagi pengrajin mebel untuk tetap menjaga kualitas barang produksinya.
Oleh karena itu, marilah para pengusaha mebel baik itu pengrajin mebel maupun reseller mebel kita jaga persaudaraan kita dengan tetap bekerjasama untuk menjaga harga barang mebel kita tidak turun sehingga para pengrajin mebel pun dapat menjaga kualitas barang produksinya.

1 comment: